Apa sih Hubungan C dan C++ | Bahasa pemograman


C++ merupakan bentuk revisi dari bahasa C. Bahasa C dan C++ seperti layaknya saudara. dalam bahasa C/C++, tanda ++(plus-plus) merupakan increment, yaitu proses penambahan nilai dengan 1. Dengan demikian, C++ berarti C+1. Nilai 1 disini melambangkan dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Dengan demikian, C++ yang ditambah dengan kemampuan atau dukungan terhadap pemrograman berorientasi objek. Dalam bahasa C, semua yang anda lakukan pasti bisa dilakukan didalam C++. namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. Compiler C++ pasti bisa digunakan untuk melakukan kompilasi kode program yang digunakan dalam bahasa C. Akan tetapi, Anda tidak akan bisa melakukan kompilasi kode program yang ditulis dalam bahasa C++ menggunakan Compiler C (hal ini dikarenakan tingkatan versi Bahasa yang berbeda).

Bahasa C dan C++ merupakan bahasa pemograman yang sangat populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak. Keduanya digolongkan ke dalam bahasa tingkat menengah (disebut middle level language). Disisi Akademis, seorang profesor yang bernama Niklaus Wirth di Universitas Zurich, Swiss, mengembangakan Bahasa pemograman tingkat tinggi (high level language) yang disebut dengan bahasa pascal untuk mengajarkan algoritma kepada mahasiswa nya. bahasa pascal ini justru lebih dikenal oleh para pelajar tingkat SLTA karena bahasa pascal lebih cendrung di perkenalkan kepada siswa-siswa dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

sebagai tambahan pengetahuan kepada kalian, dibawah ini adalah pengelompokan tingkatan bahasa pemograman:
Bahasa Tingkat Tinggi Ada
Modula-2
Pascal
COBOL
FORTRAN
BASIC
Bahasa Tingkat Menengah Java
C++
 C
FORTH
Bahasa Tingkat Rendah Macro-Assembler
Assembler

Dari tabel Tersebut dapat kita lihat bahwa bahasa pemrograman yang terdapat pada bagian paling atas merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipahami. Sebagai contoh, C adalah bahasa yang lebih sulit dibanding C++ dan C++ adalah bahasa yang lebih sulit  dibandingkan dengan bahasa Java dan sterusnya.

menurut Bjarne Stroustrup , alasan mengapa C diambil sebagai bahasa dasar dari pembuatan bahasa C++ adalah sebagai berikut:
1. Dapat dihubungkan dengan bahasa tingakt rendah
2. Berjalan dimanapun dan untuk masalah apapun
3. Berjalan mulus dalam sistem opreasi UNIX

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Proses Pembentukan Program dalam C++?

prosesor Intel® Core™ i7-7700K 8M Cache, up to 4.50 GHz