pengenalan C++ dan pengertian serta sejarahnya

C++ (biasa di baca si plus plus) merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para programer di industri perangkat lunak untuk mengembangkan berbagai program(aplikasi) berskala besar seperti games, program untuk penelitian di bidang sains, embedded system, bahkan untuk aplikasi berbasis web, yang sering disebut dengan program CGI(Common Gateway Interface). C++ masih digunakan sebagai media pembelajaran untuk para pelajar SLTA hingga pembelajaran untuk para mahasiswa.

Sejak kehadirannya, C++ telah mengalami beberapa kali revisi melalui proses standarisasi yang dilakukan oleh ISO (International Organization for Standardization) dan IEC ( International Electrotechnical Commission), baik dari sisi bahasa maupun library Standarnya. Standarisasi pertama, tahun 1998 ( C++98). kedua, tahun 2003(C++03). dan terakhir, tahun 2011(C++11 atau C++0x).

Bjarne Stroustrup
Sejarah Singkat C++
Pada umumnya bahasa komputer digunkan untuk membantu dalam melakukan perhitungan-perhitungan telemtri. Ketika itu, bahasa yang digunkaan masih primitif sekali karenaberupa bahasa mesin yang mengenal bilangan 1 dan o (Biner). selanjutnya bahasa mesin tersebut disederhanakan menjadi bahasa yang agak dipahami dengan menghadirkan statemen-statemen khusus yang disebut dengan istilah mnemonic seperti ADD, MOV, JMP, dan yang lainnya. Bahasa ini disebut dengan bahasa Assembly yang masih termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah(low level language).
Tahun 1969, laboratorium Bell AT&T di Muraiy Hill, New Jersey menggunakan bahasa Assembly untuk mengembangkan Sistem Operasi UNIX. Setelah UNIX berjalan, Ken Thompson(seorang pengembang sistem) mengembangkan Compiler baru dengan nama bahasa B yang diambil dari BCPL. yang kemudian digunakan untuk merevisi sistem operasi UNIX. oleh karena bahasa B masih bersifat interpret dan lambat, maka tahun 1971, sistem operasi UNIX kemudian ditulis ulang menggunakan bahasa C, yang dikembangkan oleh Dennis Ritchie, seorang pengembang sistem dilaboratorium yang sama
Bahasa C merupakan bahasa yang tergolong susah dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. untuk membentuk satu objek, harus melakukan banyak sekali penulisan kode.hal ini dikatakan sebagai sebuah kelemahan. maka dari itu pada tahun 1983, seorang doktor bernama Bjarne Stroustrup yang saat itu bekerja di laboratorium yang sama menciptakan bahasa baru yaitu bahasa C++ yang merupakan bahsa turunan dari Bahasa C.
keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahsa ini mendukung pemrograman berarah objek atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Proses Pembentukan Program dalam C++?

Apa sih Hubungan C dan C++ | Bahasa pemograman

prosesor Intel® Core™ i7-7700K 8M Cache, up to 4.50 GHz