Bagaimana Proses Pembentukan Program dalam C++?

terdapat beberapa tahapan yang terjadi pada saat proses pembentukan program, dari kode program menjadi file biner yang dieksekusi. dalam sistem operasi windows, file program akan berektensi .exe. sedangkan Linux hasil program akan berekstensi .o. masing-masing tahapan dilakukan oleh program lain yang berbeda-beda, yaitu:

  • C++ Preprocessor
  • C++ Compiler
  • Assembler
  • Linker
setelah program terbentuk , file tersebut akan di eksekusi dan dijalankan(Run). Program yang melakukan eksekusi file ini disebut program Loader.

Program C++ Preprocessor
Pada pembentukan program yang ditulis dalam C++, mula-mula kode program akan diproses oleh program C++ Preprocessor, Program ini akan menggabungkan kode program dengan preprcessor directive yang digunakan didalam kode. Preprocessor directive adalah statemen program yang diawali dengan tanda #. Pembahasan lebih lanjut mengenai preprocessor directive ini akan dikaji dalam bab tersendiri dalam buku ini. 
Pada tahap ini, statemen #include, #define, dan lain-lain akan diubah ke dalam bentuk kode aktual. sebagai contoh, apabila didalam kode program terdapat statemen #include <iostream> maka seluruh isi dari file "iostream" akan dimasukkan kedalam kode program. selanjutnya, bentuk kode yang telah diperluas ini kemudian siap dikirim ke program C++ Compiler.

Program C++ Compiler
Tahap berikutnya setelah tahap pemrosesan awal kode program adalah tahap penerjemahan kode program menjadi kode assembly. program pada tahap ini dilakukan oleh program C++ Compiler. Kode yang sudah berubah ke bentuk kode assembly ini kemudian siap dikirim ke program Assembler.

Program Assember 
Setelah program Assembler menerima kiriman berupa kode assembly dari C++ Compiler, program ini akan langsung menerjemahkan kode-kode yang terdapat didalamnya ke dalam bentuk kode objek. Selanjutnya, kode objek ini akan dikirim ke program Linker.

Program Linker
Apabila kode program yang kita tulis lebih dari satu file, maka kode objek yang dihasilkan juga akan sesuai dengan jumlah file kode program. pada tahap ini, program Linker akan menghubungakan semua file kode objek tersebut dengan Standard Runtime Library yang sudah disediakan oleh C++, kemudian mengubahnya ke dalam satu file .exe (atau .o). file inilah yang disebut sebagai program. Sampai Pada tahap ini, Pembentukan program sudah berakhir

Program Loader
Program Loader adalah program yang digunakan untuk mengeksekusi program yang sudah kita buat. Sebagai contoh, dalam aplikasi Dev-C++ ketika kita menggunakan menu compile  maka Dev-C++ akan melakukan proses pembentukan program. Disini yang akan dipanggil adalah program C++ Preprocessor, C++ Compiler, Assembler, dan Linker. Akan tetapi, pada saat mengggunakan menu Run, mmaka program Loader akan dipanggil untuk mengeksekusi program yang telah kita buat sehingga hasil (output) program

Comments

Popular posts from this blog

Apa sih Hubungan C dan C++ | Bahasa pemograman

prosesor Intel® Core™ i7-7700K 8M Cache, up to 4.50 GHz